Jumat, 13 Maret 2009

Istilah dan Pengertian Dasar

Dalam mempelajari standar ISO ada istilah pengertian dasar yang harus diketahui. Kalau anda merasa susah memahaminya, jangan khawatir. Dengan terus mempelajari maka lambat laun anda akan terbiasa dan familiar dengan istilah istilah dan kosa kata yang dipakai.

Generik
Generik berarti standar yang sama namun bisa diterapkan ke berbagai organisasi yang berbeda beda. Tidak tergantung besar kecilnya organisasi, jenis produknya atau layanannya, apakah diterapkan pada perusahaan , berbagai bentuk lembaga masyarakat, ataupun departemen pemerintahan. 

Persyaratan
Atau requirement dalam bahasa inggris adalah kebutuhan atau harapan yang dinyatakan, diwajibkan, atau yang secara umum tersirat.  

Misalnya, persyaratan produk untuk minuman adalah antara lain kadar gula 15%, pH 7, kadar microba harus dibawah 100 cfu, dan seterusnya. 

Persyaratan ini bisa dinyatakan oleh pelanggan (disebut
persyaratan pelanggan, berdasarkan peraturan pemerintah (persyaratan statutory), ataupun persyaratan regulatory dari lembaga lembaga non pemerintah.

Persyaratan tidak selalu mengenai persyaratan produk. Bisa mengenai
persyaratan proses, misalnya suhu atau tekanan pada suatu proses. Persyaratan pengiriman, dan seterusnya.

Dan yang akan banyak disebutkan nantinya adalah
persyaratan sistem manajemen mutu. Yang tertuang dalam standar ISO 9001 versi 2008.  


Sistem manajemen
Sistem manajemen berarti apa yang dilakukan oleh manajemen untuk mengatur proses atau aktifitasnya, sehingga produk atau layanannya memenuhi tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi itu sendiri, seperti :

Memuaskan persyaratan mutu pelanggan
Kesesuaian dengan peraturan peraturan
Memenuhi tujuan tujuan berkaitan dengan lingkungan


Standar sistem manajemen
Standar sistem manajemen adalah contoh/model untuk diikuti dalam mengatur dan menjalankan sistem. Standar ISO 9001 adalah salah satu contohnya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar